Sabtu, 11 Desember 2010

Brengkes Pindang

Diposting oleh missmayssu di Sabtu, Desember 11, 2010

Masih seputar Pindang. Kali ini bahannya ikan. Kalau dibanding resep pindang sebelumnya aneh juga sih, beda bahannya tapi namanya sama. Tapi entahlah, sudah dari jaman nenek moyang memang seperti itu namanya. Sudah dari sononya. Yah... itung-itung melestarikan kuliner kampoengku.


Bahan:
1. 6 ekor ikan pindang kembung
2. 2 buah tomat, iris tipis-tipis
3. 2 tangkai daun serai ambil bagian putihnya, potong menjadi 3 bagian pada 1
batang, gepuk.
4. 1 genggam daun kemangi
5. 6 buah cabai rawit, potong-potong
6. 6 mata buah asam
7. 1/2 sdt garam
8. 1/4 sdt gula pasir
9. Daun pisang untuk membungkus
10. Minyak goreng untuk olesan

Bumbu halus:
1. 12 buah bawang merah
2. 4 buah bawang putih
3. 5 buah cabai merah keriting

Cara membuat:
1. Cuci ikan pindang buang kotorannya
2. Campurkan bumbu halus dan semua bahan kecuali daun pisang dan minyak goreng.
3. Ambil selembar daun pisang, taruh 1 ekor ikan yang sudah dicampur bumbu, satu potong serai dan satu mata buah asam
4. Bungkus dan semat dengan lidi
5. Kukus selama 20 menit
6. Angkat, jerang diatas api, dibolak-balik sambil diolesi minyak goreng
Sajikan dengan nasi hangat.

15 komentar:

Media Semarang on 9:01 PM mengatakan...

Wah ikan Pindang Ya
Aku paling suka nich, walau dimasaak dengan cara dan resep apapun ku tetap suka.
Happy Blogging

missmayssu on 11:20 PM mengatakan...

Makanan kampung emang paling enak deh.. Thanks ya kunjungannya

Syaifullah Arifin on 9:45 AM mengatakan...

Wuiihh..
makanan kaya' gini juga ada di kampung saya enak bgt nih.. dan ini bukan hnya dari ikan saja..
mgkn krna daerahnya berbeda.. tapi appun makananx kalau dri kampung apalagi itu pke di bungkun ma daun pisang..

Bbbehhhh... rasanya... maknyus...

missmayssu on 4:08 PM mengatakan...

Walaupun daerah berbeda,tapi yang namanya dari kampung pasti enak dan alami. Salam dari orang kampung.

rezkaocta on 12:22 PM mengatakan...

slllrrrppp....bikin laper euy liat gambarny...huhu...
kalo kami, brengkes paling enak dimakan bareng sambel+lalapan.mantap!hehe

missmayssu on 8:44 AM mengatakan...

@ rezkaocta
Nasinya panas-panas ya.. mak nyuss, kata om Bondan

Story in Indonesian Songs on 5:49 PM mengatakan...

Pindang atau pepes, duhh... enak banger. ih...bikin ngiler postingan ini. Bungkusnya daun pisang, wangi dan bikin keringatan. he...

Celylua - O blog das Letras on 5:51 AM mengatakan...

Olá amiga, eu adorei conhecer seu belíssimo blog, parabéns!
Já estou seguindo seu maravilhoso blog, rsrs.
Deus abençoe você e sua família.
Beijo no coração.
Cely.

Junaedi on 9:55 PM mengatakan...

Wow enak banget boleh gak aku mencicipi

Personal Blog of Ayuni Rianthy on 9:40 AM mengatakan...

jadi lapar ngeliatnya hehe
http://stopkeringatberlebih.com

umiabie on 5:53 PM mengatakan...

wah kayaknya mnikmat tuh, jadi laper nih.. thakns ya..

Salam.

Jasa SEO on 4:59 PM mengatakan...

wih maknus nih sore-sore makan Brengkes Pindang sambil minum teh... xixixi...bungkus satu bu :D

Bersama Dakwah Islam on 5:02 PM mengatakan...

sepertinya enak dan aku belum pernah membuatnya, terimakaish resepnya ya, salam ukhuwah wahai saudaraku.

outbound training di malang on 10:33 AM mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

sherlina halim on 12:26 PM mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

 

Rindu Kampoengku Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare