Jumat, 29 Oktober 2010

Mengatasi Rasa Kantuk Di Kantor

Diposting oleh missmayssu di Jumat, Oktober 29, 2010

Aktifitas blogging tak jarang membuat kita lupa waktu, hingga tanpa terasa sudah larut malam bahkan sampai menjelang pagi.
Bagi rekan-rekan pekerja kantor tentu saja ini akan berdampak buruk saat bekerja. Disamping rasa lesu, kehilangan konsentrasi, dan yang tidak bisa dipungkiri tentu saja rasa kantuk yang amat sangat mengganggu.

Rasa kantuk itu sendiri selain karena kurang tidur penyebabnya bermacam-macam, bisa karena terlalu lelah, perut kosong, atau penyakit tertentu yang lebih dikenal dengan Hipersomnia.
Bagaimana jika kita mengalami rasa kantuk yang sangat berat, sementara tugas-tugas kantor masih menumpuk?


Ada beberapa cara sederhana yang mungkin bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk pada saat jam kerja di kantor :

1. Minum kopi hitam yang bisa dipesan di warung mie instan.
Jika anda tidak suka kopi hitam, bisa kopi krimer atau teh manis panas. Pokoknya minum minuman yang mengandung kafein.
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang sistem syaraf pusat dan menstimulasinya sehingga kita mampu berpikir cemerlang, tidak mengantuk dan konsentrasi tetap prima.

2. Hunting ke meja sekitar kita, khususnya meja cewek.
Biasanya cewek-cewek suka stock cemilan-cemilan yang bikin mata melek, seperti keripik singkong bumbu balado, manisan cabe, atau kerupuk seblak khas Bandung yang terkenal pedasnya.

3. Jalan-jalan keliling ruangan kantor cari Office Boy dari lantai yang paling bawah sampai lantai paling atas. Jika di lantai tengah-tengah sudah ketemu, tahan dulu si OB, lanjutkan naik sampai lantai atas kemudian kembali ke bawah temui OB lagi dan minta tolong untuk membeli rujak buah.
Olah raga jalan kaki menyusuri tangga membuat badan jadi bugar dan otak segar kembali. Apalagi ditambah makan rujak buah.

4. Pergi ke toilet, basuh tangan, kaki, dan wajah sambil membelalakkan mata agar air masuk ke mata (cuci mata dalam arti yang sesungguhnya), sampai merasa benar-benar fresh, tetap yakinkan pada diri anda kalau saat ini anda berada di kantor, bukan dirumah sendiri, lalu kembali ke meja teruskan pekerjaan.

5. Keluarlah sebentar dari ruangan kerja, lalu pandanglah pohon-pohon hijau di taman untuk menyegarkan mata. Jika pemandangan kantor anda jalan yang penuh dengan genangan air seperti di daerah kantor saya (P. Jayakarta), jangan buru-buru pergi, amat-amati, siapa tahu ada ikan lele nyasar, nah,,, tangkap deh, dijamin lupa dengan rasa kantuk yang tadi. He..he..

6. Putar musik kesukaan anda.
Musik yang anda sukai diyakini dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak anda. Apalagi jika musik yang anda putar berirama cadas dan diputar dengan volume yang sangat keras. Dijamin anda terbebas dari rasa kantuk, karena atasan anda langsung menghampiri dan memaki. Hi..hi..hilang ngantuknya datang omelannya.

Nah, semoga tip-tip ini bisa sedikit membantu mengusir rasa kantuk saat bekerja.


Kalau yang seperti ini rasanya kantuk dijamin terus menyerang. Kantor kosong, nggak ada teman, nggak ada pepohonan, air pam sering mati, warung kopipun memilih tutup karena kebanjiran. Maka tip-tip diatas bisa jadi pilihan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan...

Selamat bekerja.. dan tetap semangat!!

14 komentar:

Aguz on 11:07 AM mengatakan...

tips tambahan: bayangin aja muka bos u mrh2.. he3.. dijamin ngantuk ilang,, stress datang...

missmayssu on 1:15 PM mengatakan...

Boleh juga tipsnya, bagi yang mau nambahin tips lagi silahkan ya..

Ilham on 1:03 AM mengatakan...

Wahh Tips yang bagus nie ..
Biar di sekolah belajarnnya gak ngantuk bisa ngikutin cara di atas ...
Thanks yaa infonnya :D

missmayssu on 11:21 AM mengatakan...

Untuk yang masih sekolah atau kuliah bisa juga diterapkan tipsnya..
Selamat belajar!!

story song on 8:28 PM mengatakan...

tip yg bagus,sarapan pagi harus memadai biar segar bugar. he...he...

missmayssu on 8:52 PM mengatakan...

Benar, sarapan pagi harus bergizi dan cukup karbohidrat.
Makasih untuk tambahan tipsnya sob..

Faril on 9:47 AM mengatakan...

kalo saya kurang setuju dengan tips "mendengarkan musik"..soalnya saya malah sering ketiduran kalo mendengarkan musik...bhkan pernah saya tertidur meski ndengerin lagunya Blink182..T.T

Faril on 9:49 AM mengatakan...

kalo saya kurang setuju dengan tips "mendengarkan musik"..soalnya saya malah sering ketiduran kalo mendengarkan musik...bhkan pernah saya tertidur meski ndengerin lagunya Blink182..T.T

missmayssu on 2:03 PM mengatakan...

Berarti lagunya Blink182 gak cocok itu mas... Coba lagunya diganti sama lagu 'Keong Racun'.... pasti goyang2 semua tuh...qiqiqi

Teroris Cinta on 11:17 PM mengatakan...

nice info, karya yang menarik, dapat dibanggakan sebagai generasi bangsa yang tak bermalas tidur yang menhasilkan kemiskinan hehehehhe dan memperpanjang pengangguran hahahha, lanjutkan sobatku...

missmayssu on 9:23 AM mengatakan...

Thanks ya.. Semoga bermanfaat

ddaz on 6:29 PM mengatakan...

kl tips ku rada ga biasa tp mujarab... tarik ujung rambut tipis di sekitar kepala..lebih manjur kl teman yg menariknya di jamin mata melotot..he..he..

missmayssu on 1:20 AM mengatakan...

Boleh juga tipsnya, apalagi kalo temennya punya dendam pribadi, dijamin kenceng tuh tarikannya.. haha
Thanks

OEN-OEN on 10:49 AM mengatakan...

tips yang menarik, tapi yang paling manjur ya klo ngantuk tidur lah,,, hehehe..



IndoBanner Exchanges

 

Rindu Kampoengku Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare